Kuliah Sambil Belajar SBMPTN 2017?

Halo! Setelah sekian lama gak nulis, akhirnya gue memutuskan untuk memposting cerita lagi di blog gue ini. Cerita kali ini tentang perjuangan gue belajar SBMPTN 2017, setelah gagal berkali-kali di tahun 2016. Oke, let's start it!

Jadi, gue tuh lulusan tahun 2016. Dari awal tahun kenaikan kelas 12, gue udah dikasih tau sebenernya sama tutor-tutor yang ada di tempat les gue buat belajar SBMPTN aja. Karena kalo kita belajar SBMPTN, insyaallah UN kita lancar juga. Soo, karena gue pingin banget dapet PTN, akhirnya gue memutuskan buat ambil paket les yang super intensif. Yap, itu belajar SBMPTNnya udah dari bulan November apaya, lupa hehe. Oke, awal-awal kayak masih biasa aja gitu sama SBMPTN. Padahal kayak udah ditakut-takutin kalo soal SBMPTN itu susahnya melebihi soal UN. Tapii, pada saat itu gue mikirnya "enak kali ya yang udah setahun nganggur, lebih paham sama materi-materi SBMPTN. Pikirannya juga gak kebagi-bagi sama ujian-ujian kelas 12". Hehe, itu pikiran polos siswi yang baru naik ke kelas 12.

Mungkin karena pemikiran gue yang kayak gitu, akhirnya Allah mengabulkan pemikiran liar gue itu. Yap, gue ngulang di SBMPTN 2017.

Pas semester 2 kelas 12, udah mulai hetic-heticnya sama yang namanya Perguruan Tinggi. Apapun itu mau PTN atau PTS. Semua orang hetic. Berhubung yang ditawarin sama sekolah kayak masih PTS-PTS ternama, gue gak ngikutin deh tuh seleksinya. Karena ortu gue maunya gue masuk PTN. Daan, suatu saat guru bk gue mengumumkan bahwa IPB lagi buka jalur PMDK. Jalur PMDK ini sih khusus jalur vokasi gitu. Karena teringat dengan ucapan ayah gue yang selalu nanya "kak, gaada PMDK yang PTN ya?". Yaa waktu ayah gue nanya emang belum ada tuh PMDK. Pas gue dapet info itu, langsung gue kasih tau&& ayah gue setuju. Kemudian, gue langsung ngurusin berkas-berkas apa aja yang diperlukan. Selesai daftar, gue gatau pengumumannya kapan hehe, dan udah keburu lupa juga karena udah mulai ngurusin SNMPTN beserta ujian-ujian yang menghadang. Alhamdulillah, gue masuk 75% siswa yang bisa ikut SNMPTN. Walaupun awalnya berharap gak usah keterima seleksi awal, biar gue fokus gitu belajar SBMPTN hehe.

Ohya, gue menjalankan ujian-ujian dengan stress berat wkwk. Kenapa? Karena hampir semua ujian praktek gue membuat makalah. Belum selesai makalah satu, udah nambah makalah lagi. Ditambah gue juga harus belajar SBMPTN, UN, dan ujian sekolah. Akhirnya gue memutuskan buat bawa deh tuh buku SBMPTN les gue ke sekolah, gue kerjain dikit-dikit di kelas kalo lagi jam kosong atau guru yang tiba-tiba gak masuk. Ujian praktek selesai, dilanjut ujian sekolah, dan kemudian dilanjutkan dengan UN. 

Selesai semua ujian-ujian, gue fokus belajar SBMPTN. Kebetulan abis UN, di tempat les gue intensif belajar SBMPTN. Jadii, tiap hari deh gue belajar SBMPTN. Dan setiap hari Jumat, tempat les gue selalu mengadakan tryout. Kemudian, di hari Seninnya kita bahas soal tryout itu. Dan yang pasti hasil tryout selalu dipajang di papan pengumuman wkwk. Tutor gue kayak selalu bilang "Usahakan hasil tryout kalian meningkat." Hmm, oke. Meningkatkan nilai tryout itu sungguh susah. Serius. Selama gue tryout hasil tryout gue gak pernah memuaskan. Beneran bikin pesimis buat keterima sebenernya. Tapi gue selalu berpikiran "Ini cuma tryout biasa kok. Nyatanya kan belum tau kayak gimana. Siapa tau Allah gamau ngasih nilai tryout yang tinggi-tinggi karena takut gue sombong. Siapa tau nanti keterima SBMPTN hehe. Who knows?" yaa sebenernya pikiran itu kayak cuma buat ngehibur gue ajasih. Biar gak terlalu kepikiran sama nilai, yang ada makin stress.

Jadwal les gue siang, jadi di rumah sebelum ke tempat les selalu latihan soal dulu. Kemudian siangnya gue jalan ke tempat les. Intensif SBMPTN berlangsung selama 6 minggu. Jadi tiap hari kerjaan gue cuma ngerjain soal-soal dan bantu-bantu ibu di rumah. 

Tibalah pengumuman SNMPTN dan pengumuman UN. Gue lupa tanggal berapa pengumuman SNMPTN, yang pasti bulan April. Sambil berharap-harap cemas, gue berharap dapet SNMPTN. Karena sejujurnya gue juga kayak udah capek belajar gitu hehe. Oke, pagi-pagi gue dateng ke sekolah buat liat nilai UN gue. Deg. Hasilnya di luar dugaan. Jauh dari ekspetasi. Pengen nangis rasanya, detik itu juga. Tapi ini di sekolah, masa nangis sih hehe. Oke, gue tahan-tahan, di jalan juga udah berkaca-kaca. Akhirnya sampe rumah gue nangis sejadi-jadinya. Gue nangis di depan ibu gue, ngerasa bodoh banget karena nilai aja ada yang nyerempet kkm UN. Pada saat itu ibu gue cuma bisa nenangin gue aja. Dan beliau berharap, siapa tau ada keajaiban dan gue keterima SNMPTN. Tapi, gue udah pesimis sama nilai segitu masa dapet jalur undangan sih. Yaa benar saja. Jam 14.00 tiba, dan gue buka pengumuman SNMPTN, server down sih sebenernya. Tapi masih bisa di akses kok di laman mirror SNMPTN. Dan hasil dari SNMPTN ini gue bagian dari tim merah. Yaa, udah diduga juga sebenernya, jadi mau diapain lagi.

Ohya, yang pengumuman D3 IPB itu udah mepet-mepet sama pengumuman UN. Dan hasilnya, di tolak tapi gue biasa aja wkwk karena gue mikirnya "Kok jadwal pengumumannya gak dikasih tau sih? Yaudahlah gak keterima juga gapapa." Dan emang gak keterima juga haha.

Sehari setelah itu gue bersemangat dengan SBMPTN. Sebenernya iri sama yang dapet SNMPTN. Tapi masa iri terus sih hehe. Jadi, gue cari-cari info tentang SBMPTN dan ujian mandiri apa aja yang buka. Setelah dapet info-info tentang SBMPTN, gue daftar SBMPTN. Karena takut dapet tempat yang jauh dari rumah, akhirnya gue daftar tanpa konsul dulu ke tutor gue hehe. Sebenernya pas daftar juga kayak nekat banget-bangetan. Nilai tryout yang sebenernya masih jauh dari PG yang ditargetkan, tapi gue malah daftar PTN yang cukup diminati dengan prodi yang dicukup diminati juga. Cuma dengan keyakinan yang ada dan bukan dengan realita yang ada. Kemudian, lanjut daftar ujian mandiri UNDIP dan SIMAK UI. Daan, sama seperti pemilihan prodi SBMPTN. Dengan modal nekat gue daftar jurusan yang mungkin diminati semua orang.

Detik-detik mau SBMPTN tutor gue bilang:

"Kalian boleh gagal SNMPTN, tapi kalian gaboleh gagal SBMPTN."
"Yang tau usaha kalian sejauh mana cuma diri kalian sendiri. Bukan orang lain."

Deg. Sebenernya dengan tutor gue yang ngomong kayak gitu gue jadi pesimis. Karenaaa, gue ngerasa usaha gue masih sangat amat kurang. Mulai dari hasil tryout, pemahaman konsep dari SBMPTN sampai ke prodi yang menurut gue itu tinggi banget saingannya. Tapi gue tetap berpikiran positif, lebih tepatnya untuk menenangkan diri sih.

Hari ujian pun tiba. 31 Mei 2016. Lokasi SBMPTN gue di Binus Alam Sutera. Gue dateng satu jam lebih cepat. Masuk ruangan jam 07.00, gue jam 06.00 udah sampai lokasi hehe. Masuk ruangan, ngisi data, dan kemudian mengerjakan soal. Yak, gue ngerjain soal sebenernya kayak gaada target gitu mau ngerjain berapa soal dan materi apa aja yang bakalan gue kerjain. Daan, gue ngerjain bener-bener sebisanya gue. Sebisanya gue ngasal, yaudah gue ngasal hehe.

Selesai ujian gue mempersiapkan UM UNDIP dan SIMAK UI. Gak sih, sebenernya gak siap-siap banget. Karena, gue udah males buat belajar& berharap buat keterima SBMPTN. Selesai UM UNDIP dan SIMAK UI, gue ikut SPMB UIN Jakarta. Yaa, dan lagi-lagi kayak udah males buat belajar. Tapi tetep belajar kok dikit-dikit hehe. Ditambah SPMB UIN ini H-3 hari pengumuman SBMPTN. Jadi makin males kan, karena berharap keterima SBMPTN.

Hari H pengumuman tiba. Tanggal 28 Juni 2016. Jam 14.00 gue udah mantengin layar laptop& berhasil masuk ke salah satu laman mirror pengumuman. Dan hasilnya, gue gagal lagi.

GUE GAGAL LAGI BUAT LULUS UJIAN PTN.

Yang gue lakuin saat itu adalah, nangis. Gue nangis lagi di depan ibu gue. Dan yang bisa ibu gue lakuin adalah, nenangin gue. Karena menurut dia masih ada 2 pengumuman lagi. Dan berharap lulus tentunya. Tapi, harapan tidak sesuai realita. Yak, lagi-lagi gue gagal lagi. Gagal di SIMAK UI dan UM UNDIP. Lagi-lagi gue berusaha buat menahan nangis, karena masih ada pengumuman SPMB UIN. Tapi, ortu gue masih terus ngasih suport. Dia nyuruh gue buat ikut ujian mandiri PTN yang lain. Mulai dari UTUL gel. 2, PENMABA UNJ, SM UNS, UM UNSOED, sampai POLTEKKES. Dan hasilnya, gagal semua. (Buat bukti screen capture kartu ujian& hasilnya gaada, karena udah gue hapus-hapusin. Dan gak kepikiran juga buat screen capture hasilnya tahun lalu hehe)

GUE GAGAL MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA GUE

Jangan tanya sesedih apa gue pada saat itu. Senyesel apa gue pada saat itu. Yang ada dipikiran gue pada saat itu adalah "Gue harus ngulang SBMPTN tahun depan. SBMPTN 2017." Gue berniat buat nunda dulu setahun. Tapi orang tua gue kurang menyetujui, dan akhirnya gue masuk PTS di Jakarta dengan jurusan yang gue idam-idamkan selama ini. Tapi, sejujurnya gue sangat terpaksa. Entahlah, antara masih belum rela karena gagal terus mungkin. Jadi, gue sangat ambis pada waktu itu. Gue gamau ikut organisasi, gue mau jadi mahasiswa ku-pu-ku-pu. Sampai di rumah, gue selalu berusaha buat latihan soal-soal. Alhamdulillahnya orang-orang disekitar gue sangat mendukung gue buat ngulang lagi di tahun 2017. Jadi, gue minjem soal sama temen-temen gue yang gak bakalan ngulang& minjem buku saku pelajaran dia juga hehe. 

Daan beruntungnya di tahun ini gue bertemu dengan zenius!! Sebenernya gue udah tau zenius dari jaman SMP. Tapi, gue gak pernah ngulik-ngulik lebih dalam& hanya sebatas download soal aja udah. Kata orang-orang, zenius + wangsit hasilnya topcer. Dan gue kemakan omongan orang-orang tersebut. Gue nabung buat beli voucher zenius dan beli wangsit, yang harganya juga gabisa dibilang murah-murah banget. Gue beli zenius& wangsit sekitar bulan September atau November gitu, lupa hehe. Dan setelah beli, beneran gue pelajari sungguh-sungguh. Karena gamau gagal lagi untuk kesekian kalinya.

Gue buat target belajar, walaupun gak tercapai-tercapai amat pas akhir-akhir. Tapi alhamdulillah terbantu. Gue bacain tips-tips dari buku wangsit itu, gue pantengin juga video-video di zenius. Ohya, gue juga selalu cari informasi tentang tryout akbar gitu. Karena gue sadar gue gak les, jadi gue harus ikut tryout tsb. Gue juga berusaha menjauhi film-film beserta novel-novel. Entahlah seambis apa gue pada saat itu. Pas libur semester 1 juga, gue manfaatin banget waktu libur sebulan itu. Kerjaan gue cuma belajar, belajar, belajar. Yaa paling diajak main sesekali sama temen-temen gue.

Semester 2 gue makin ambis. Gue makin mengesampingkan tugas-tugas kuliah, dan fokus belajar SBMPTN. Tapi alhamdulillahnya, IP semester 1 gue gak jelek-jelek amat& gaada matkul yang ngulang juga. Dan gue makin gencar cari info tryout-tryout. Kebetulan ada temen gue yang nunda kuliah& ada yang mau ngulang lagi tahun 2017 ini, jadi gue kalo tryout selalu ngajak mereka berdua. Selama harga terjangkau& lokasi terjangkau kita pasti ikut. Ditambah, di ig lagi famous dengan akun @masukkampus dengan foundernya Kak Indra. Dia pemilik Katalis IPB juga. Gue ngikutin tips dari dia, gimana caranya milih jurusan yang tepat, cara belajar yang tepat, dan jawab soal yang tepat. Yaa pokoknya tips SBMPTN dari dia gue selalu berusaha buat ngikutin.

Seiring berjalannya waktu, temen deket di kampus gue akhirnya tau kalo gue mau ngulang lagi. Dan reaksi mereka mendoakan semoga gue lulus tahun ini wkwk. Saat asik-asiknya ngambis, UTS tiba di depan mata. Gue gak cuma fokus belajar UTS, tapi fokus juga belajar SBMPTN. Dan pusingnya subhanallah. UTS selesai, gue minta izin ke ortu gue buat gue bolos kuliah karena mau belajar SBMPTN. Dan alhamdulillahnya gue diizinin buat bolos kuliah hehe. Kira-kira rentang waktu dari abis UTS ke SBMPTN kurang lebih 2 minggu. Tapii, gue gak bolos tiap hari kok. Kalo bolos tiap hari jatah absenku berkurang, nanti gabisa ikut uas wkwk. Gue matengin lagi materi-materi SBMPTN. Gue giatkan lagi latihan soalnya dan gue perkuat juga doa gue ke Allah.

Btw, kartu SBMPTN gue kayak gini :



Malem hari sebelum ujian, temen-temen gue banyak banget yang ngasih semangat ke gue. Ngasih doa, ngasih suport ke gue kalo gue pasti bakalan lulus di tahun ini. Terharu sih sebenernya sama mereka hehe;')

Tanggal 16 Mei 2017 pun tiba. Gue tiba di lokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai. Gue dapet lokasi di Universitas Multimedia Nusantara. Dan di lokasi itu udah rame banget. Walaupun ini ujian tahun kedua gue, tetep aja takut. Gue nervous. Gue deg-deg-an banget. Gue gak tenang. Kepikiran takut gabisa ngebahagiain ortu gue lagi. Takut buat mereka kecewa lagi. Takut beneran takut. Selama diperjalanan gue cuma bisa dzikir, supaya gue bisa tenang pas ngerjain soal. Gue berusaha ngerjain soal sesantai mungkin, serileks mungkin. Walaupun soalnya subhanallah banget. Apalagi saintek. Gue cuma bisa ngisi 13 soal dari 60 soal, ditambah matematika ipa& fisika ngisinya ngasal, dan cuma 1 nomer aja gue ngisinya. Bisa dibayangkan sekosong apa kertas LJK gue? Lanjut ke TKPA, buat soal ini gue gaberani komentar. Karena ada yang susah dan ada juga yang gampang. Yang pasti gue berhasil ngerjain matdas 5 soal hehe. Sisanya gue lupa, karena lembar soalnya diambil dua-duanya sama panitia.

Selesai SBMPTN, gue masih harus nyiapin UTUL UGM. Tapi gue agak santai, karena gue harus ngejer tugas yang udah gue telantarin di semester 2 ini. Selama sebulan, kerjaan gue kuliah seperti biasa. Melupakan hasil SBMPTN, tapi tetep doa ke Allah, tetep ngejalanin solat duha& solat tahajud. Ohya, dan gue ikut SPMB UIN lagi. 

Hari pengumuman tiba. 13 Juni 2017. Semua orang pasti penasaran sama hasilnya, tapi gue berusaha setenang mungkin, berusaha gak usah penasaran, berusaha buat kuliah seperti biasa. Tapi, pas sampai rumah ibu gue nanyain "Kak, gimana hasilnya? Udah liat belum? Ibu penasaran." 

Gak, gue belum penasaran. Lebih tepatnya berusaha gak penasaran. Tiba-tiba temen gue ngasih tau, kalo dia tau hasil SBMPTN gue. Deg. Langsung gue nyalain laptop gue, dan hasilnya:



"AAAAK, IBU AKU KETERIMA SBMPTN IBU, AKU KETERIMA DI UNAIR. IBU AKU LULUS TAHUN INI"

Sumpah gue langsung teriak sejadi-jadinya. Ibu gue terharu, ayah gue juga. Yang tadinya lagi enak-enak tidur, eh kebangun hehe. Gatau harus ngomong apa lagi, gatau harus berterimakasih kayak gimana sama Allah. Yang bisa gue lakuin adalah, sujud syukur dan selalu bersyukur.

Hmm, sebenernya cerita gue ini gak sekeren orang-orang yang bisa diterima dipilihan pertama mereka. Gue cuma keterima dipilihan ketiga gue. Tapii, gue tetep bersyukur. Bersyukur kalo tahun ini gue berhasil keterima PTN lewat jalur SBMPTN. Karena gue tau gimana rasanya ditolak berkali-kali, gagal berkali-kali, sampe capek buat baca kata maaf. Capek juga buat nangis berkali-kali di depan orang tua karena gagal keterima PTN. Dan selama setahun itu, gue juga masih sering nangis tengah malem. Yaa, sebenernya agak lebay juga. Tapi, kalo kalian menjalankan segala sesuatu karena terpaksa kan juga gak baik.

Pesan gue, kalau kalian punya cita-cita setinggi-tingginya, silahkan kejar cita-cita kalian itu. Kalau kalian belum nyaman dengan suatu kondisi, silahkan cari tempat yang nyaman buat kalian. Kalian boleh kecewa, boleh sedih jika gagal. Tapi kalian jangan berlarut-larut dalam kesedihan juga. Kalian juga harus berusaha buat ikhlas, berusaha buat sabar, berusaha untuk tidak bersikap egois, berusaha untuk selalu tawakal, dan selalu berdoa sama Yang Maha Kuasa. Ingat selalu, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil dan Allah selalu mendengar doa hamba-hamba-Nya.

Tapi sejujurnya, gue salut sama orang yang bisa mengikhlaskan kegagalannya dan salut juga sama orang yang bisa liat kesuksesan dari berbagai sisi.

Mungkin segitu dulu tulisan gue. Udah sangat panjang sepertinya. Semoga bisa membantu buat yang belum dapet perguruan tinggi:-). Kalau kalian butuh motivasi dan tips-tips ujian-ujian, kalian bisa cek di youtubenya Kak Indra dan youtubenya Kak Rendy.

Ohya, buat hasil seleksi UTUL UGM tahun ini, gue juga gak keterima lagi wkwkw. Daan memang rezekinya di UNAIR, kenapa tidak? Masih ada sih sebenernya pengumuman SPMB UIN, yaa semoga diberikan hasil yang terbaik sama Allah swt.

Comments

Popular Posts